Langsung ke konten utama

Gambar Kapal 2D OpenGL dengan Microsoft Visual C++

gambar kapal 2d opengl

Halo teman, Kali ini saya menulis tentang Membuat sebuah Gambar kapal 2D di OpenGL,yang mana OpenGL adalah salah satu materi yang di pelajari jika kita mengambil kuliah dengan jurusan komputer, OpenGL biasanya di pelajari di dalam mata kuliah Komputer Grafik atau juga Grafika Komputer yang mana kita akan belajar bagaimana membuat gambar baik itu 2D atau 3D menggunakan bahasa pemrograman C atau C++.

Untuk menjalankan bahasa pemrograman C atau C++ biasanya kita membutuhkan atau memerlukan software sebagai compiler, dalam artian kita membutuhkan sofware untuk menulis dan menjalankan bahasa pemrograman C atau C++, sebagai contoh kita dapat menggunakan Microsoft Visual C++ atau sekarang saat saya memperbarui tulisan ini langsung menggunakan Microsoft Visual Studio, dapat juga menggunakan software seperti Dev-C++ atau juga dapat menggunakan aplikasi Codeblocks yang pada dasarnya fungsinya sama. jika teman-teman tertarik mencoba software Dev-C++ ataupun Codeblocks, dapat di baca di blog ini langsung saja menuju menu OpenGL untuk mempelajarinya.

Untuk menjalankan OpenGL sendiri, software tadi haruslah terpasang Glut, agar struktur di dalam OpenGL dapat berjalan di Compilernya, Saja juga sudah menulis tentang pemasangan Glutnya yang bersamaan dengan penginstalan software nya.

Jika Software yang teman-gunakan sudah terpasang glut dan sudah berjalan dengan baik, kali ini saya akan memberikan sebuah koding Gambar Kapal dengan OpenGL yang mana gambar Kapal OpenGL ini memang masih tebilang sederhana, dan mungkin saya akan menyiapkan juga yang versi Gambar Kapal 3D nya yang dapat teman-teman cek langsung di bagian menu OpenGL 3D.

Membuat gambar di OpenGL sebenarnya terbilang mudah jika kita mengikuti langkah langkah dan juga fokus dalam menulis koding program OpenGL nya, sebagai metode untuk mempermudah pembuatan, saya sarankan untuk dapat membuat gambar titik kordinat nya terlebih dahulu dikertas, atau pain, atau photoshop terserah kalian, setelah gambar jadi maka akan lebih mudah di dalam penulisannya ke koding pemograman C++

baiklah langsung saja di bawah ini adalah koding Gambar Kapal 2D OpenGL yang dapat langsung di salin dan di jalankan, namun perlu di ingat bahwa include glut nya harus di sesuaikan dengan lokasi pemasangan glut di laptop atau komputer teman-teman.

Jika membutuhkan bantuan dalam pembuatan project silahkan lihat di menu HUBUNGI ADMIN atau DM langsung ke Instagram @mahara.kata

#include <windows.h>
#include <GL/glut.h>//biasanya jika menggunakan visual C++
#include <gl\freeglut.h>//jika menggunakan codeblovks bisasanya memakai freeglut
void display(void)
{

glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin(GL_POLYGON);// lautan
glColor3f(0,0,1); //warna biru
glVertex2f(-1,-0.6);
glVertex2f(1,-0.6);
glVertex2f(1,-1);
glVertex2f(-1,-1);
glEnd();

glBegin(GL_POLYGON);//badan kapal
glColor3f(1,1,1); //warna putih
glVertex2f(-0.6,-0.8);
glVertex2f(0.6,-0.8);
glVertex2f(0.8,-0.4);
glVertex2f(-0.8,-0.4);
glEnd();

glBegin(GL_POLYGON);//atas kapal
glColor3f(0,1,0); 
glVertex2f(-0.4,-0.4);
glVertex2f(0.6,-0.4);
glVertex2f(0.6,-0.1);
glVertex2f(-0.2,-0.1);
glEnd();

glBegin(GL_POLYGON);//jendela kapal
glColor3f(0,0,0); 
glVertex2f(-0.2,-0.3);
glVertex2f(-0.1,-0.3);
glVertex2f(-0.1,-0.2);
glVertex2f(-0.2,-0.2);
glEnd();
glBegin(GL_POLYGON);//jendela kapal 
glVertex2f(0,-0.3);
glVertex2f(0.1,-0.3);
glVertex2f(0.1,-0.2);
glVertex2f(0,-0.2);
glEnd();
glBegin(GL_POLYGON);//jendela kapal
glVertex2f(0.2,-0.3);
glVertex2f(0.3,-0.3);
glVertex2f(0.3,-0.2);
glVertex2f(0.2,-0.2);
glEnd();
glBegin(GL_POLYGON);//jendela kapal
glVertex2f(0.4,-0.3);
glVertex2f(0.5,-0.3);
glVertex2f(0.5,-0.2);
glVertex2f(0.4,-0.2);
glEnd();

glBegin(GL_POLYGON);//tiang kapal
glColor3f(1,1,1); 
glVertex2f(0.1,-0.1);
glVertex2f(0.12,-0.1);
glVertex2f(0.12,0.4);
glVertex2f(0.1,0.4);
glEnd();

glBegin(GL_POLYGON);//bendera kapal
glColor3f(1,1,1); 
glVertex2f(0.1,0.2);
glVertex2f(0.4,0.2);
glVertex2f(0.4,0.3);
glVertex2f(0.1,0.3);
glEnd();

glBegin(GL_POLYGON);//bendera kapal
glColor3f(1,0,0); 
glVertex2f(0.1,0.3);
glVertex2f(0.4,0.3);
glVertex2f(0.4,0.4);
glVertex2f(0.1,0.4);
glEnd();


glFlush();
}

int main(int argc, char** argv)
{
glutInit(&argc, argv);
glutInitDisplayMode (GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
glutInitWindowSize (600, 600);
glutInitWindowPosition (200, 100);
glutCreateWindow ("Project Kapal Sederhana");
glutDisplayFunc(display);
glutMainLoop();
return 0;
}

Mungkin sampai disini dahulu tulisan kali ini, lebih dan kurangnya saya mohon maaf, semoga tulisan ini dapat bermanfaat, terimakasih...





Komentar

irgi ahmad fahreza mengatakan…
Thank you for nice information. Please visit our web:

Click Here
"https://uhamka.ac.id"

Postingan populer dari blog ini

MEMBUAT GAMBAR RUMAH 3D DI OPENGL

GAMBAR 3D OPENGL - Gambar rumah 3D (tiga dimensi) merupakan salah satu contoh project 3d opengl menggunakan bahasa pemrograman C++  dan juga Glut OpenGl, biasanya dipelajari dalam komputer grafik atau grafika komputer , untuk memulai membuat project biasanya memerlukan software compiler yang berfungsi untuk build dan run bahasa C++, contohnya yaitu Microsoft visual C++, Dev C++. Codeblocks dan sejenisnya, disini juga dibutuhkan Glut sebagai library OpenGL itu sendiri. DOWNLOAD SOURCE CODE NB : Link download menggunakan shortlink jadi silahkan lewati iklannya terimakasih Compiler yang saya gunakan adalah codeblocks, untuk isi koding semuanya sama dan mungkin yang berbeda hanya di bagian lokasi dan cara pemasangan untuk glut nya saja. BACA JUGA  CARA INSTAL DAN PEMASANGAN GLUT DI CODEBLOCKS GAMBAR RUMAH 3D DI OPENGL Project rumah 3d ini merupakan contoh yang dapat diambil dan digunakan sebagai bahan pembelajaran, untuk kodingnya sudah tersedia di bawah ini dan juga beserta pemb...

KUMPULAN GAMBAR 2D (DUA DIMENSI) DI OPENGL

  BELAJAR OPENGL   - Opengl menggunakan bahasa pemrograman C atau C++ yang mana kita dapat membuat sketsa atau gambar dengan cara menghubungkan titik kordinat menggunakan koding, biasanya opengl dipelajari di dalam mata kuliah komputer grafik atau grafika komputer, dan yang di butuhkan dalam membuat project opengl adalah sebuah compiler seperti visual C++, Dev C++, Codeblocks dan sejenisnya, dan selanjutnya compiler tersebut haruslah terpasang library yang bernama glut. Compiler apapun yang digunakan sebernarnya sama saja asal masih menggunakan bahasa C atau C++ yang membedakan hanyalah cara pemasangan glut nya saja dan sedikit perubahan pada koding di bagian lokasi glut, disini saya biasa menggunakan Codeblocks dan Juga Dev C++ BACA DISINI   CARA INSTAL DAN PEMASANGAN GLUT DI CODEBLOCKS KUMPULAN GAMBAR 2D (DUA DIMENSI) DI OPENGL Ini adalah daftar kumpulan project gambar 2d yang saya buat menggunakan opengl, yang bisa langsung di ambil dan dipelajari serta di modifikasi, ...