BELAJAR OPENGL - Dalam Membuat project OpenGL yang mana tidak terlepas dengan yang namanya gambar , nah gambar ini pasti memiliki warna dan dalam OpenGL yang mana untuk membuat warna diperlukan Koding, dan disini saya akan membahas warna opengl, sebelumnya Terimakasih bagi teman-teman yang sudah mengunjungi blog cara informatika yang masih sederhana ini, pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang koding warna pada opengl atau bisa juga disebut sebagai pewarnaan pada opengl, koding pewarnaan pada OpenGL sebenarnya sangatlah lengkap dan kita sebenarnya dapat memberikan warna apapun yang kita mau, namun disini saya akan membagikan atau mengkategorikan kriteria warna agar dapat dengan mudah di pahami.
Sebelum itu kita bahas sedikit tentang OpenGL, di dalam Belajar OpenGL kita dapat membuat Gambar 2D atau 3D menggunakan bahasa pembrograman C atau C++, biasanya opengl kita pelajari dalam perkuliahan contohnya jika kita mengambil jurusan Teknik Informatika atau jurusan komputer lainnya, maka kita akan Mempelajari OpenGL di matakuliah Komputer Grafik ataupun Grafika Komputer
Dalam pembuatan opengl biasanya yang dipelajari menggunakan Visual C++ atau sejenisnya, bisa juga menggunakan Dev c++ atau juga Codeblocks
Untuk membuat Project, saya mencoba menyajikan secara lengkap tentang materi materi yang ada di OpenGL baik itu membuat gambar 2D atau 3D.
BACA DISINI KUMPULAN GAMBAR 2D OPENGL
BACA DISINI KUMPULAN GAMBAR 3D OPENGL
Pembuatan Project OpenGL silahkan DM Ke Instagram @mahara.kata
atau lihat di menu HUBUNGI ADMIN
Kode warna pada OpenGL disini saya kelompokkan agar mudah di pahami yang pertama yaitu Koding warna warna dasar OpenGL yang mana contohnya merah, biru, hijau, dll
1,1,1 = putih.
1,1,0 = kuning.
1,0,1 = magenta.
1,0,0 = merah.
0,1,1 = cyan.
0,1,0 = hijau.
0,0,1 = biru.
0,0,0 = hitam.
Selanjutnya koding warna dasar tadi dapat kita variasikan sedikit menjadi warna warna lain yang dapat di lihat di bawah ini.
1,1,0.5 = lemon
1,0.5,1 = pink
1,0.5,0 = Orange
1,0,0.5 = ungu
0.5,1,1 = biru muda
0.5,1,0 = hijau stabilo
0,1,0.5 = hijau kebiruan
0.5,0,1 = Ungu terong
0,0.5,1 = biru sayan blue
0.5,0,0 = merah maroon
0,0.5,0 = hijau tua
0,0,0.5 = Biru Tua
yang mana penulisan koding warna OpenGL bianya glColor3f(1,1,0);(warna kuning)
nah sebernarnya warna opengl tidak sebatas cuma itu, kita dapat memvariasikan semua warna seperti contohnya yang ada di photoshop, tinggal kita ikuti saja koding warna nya dan hasilnya akan sama.
teman teman tinggal buka saja color picker online, lalu pilih warna yang teman inginkan, disana akan ada kode RGB warna contohnya 76, 117, 212 yang dapat teman teman gunakan dalam koding warna OpenGL, dan cara penulisannya harus seperti ini glColor3ub(76, 117, 212);
dan warna warna untuk OpenGL yang diinginkan tinggal ikuti panduan Color Picker Online
semakin banyak warna yang kita tau maka akan semakin bagus nantinya project yang kita buat, baiklah mungkin cuma sampai disini saja pembahasan tentang Koding warna OpenGL, lebih dan kurang saya mohon maaf dan terimakasih
Komentar