OpenGL atau Open Graphics Library biasanya
dipelajari dalam mata kuliah Komputer Grafik atau Grafika Komputer yang mana OpenGl adalah dasar
dalam Pembelajaran Komputer Grafik untuk membuat Gambar 2D dan 3D menggunakan
bahasa pemrograman C dan C++ dan untuk sebagai compiler atau software untuk pengkodingannya dapat menggunakan berbagai macam jenis software yang penting dapat menjalankan bahasa C atau C++ dan harus terpasang glut sebagai library nya.
Nah langsung saja saya akan
menuliskan langkah langkah nya agar teman teman bisa membuat gambar 2D dan 3D
menggunakan OpenGL dengan Bahasa Pemrogranan C dan C++
Langkah Langkah Belajar OpenGL :
Pertama kali teman teman harus
sudah instal Compiler di laptop atau komputer, Compiler adalah software untuk
membuat dan menjalankan koding program di komputer, contoh dari compiler yang biasanya digunakan untuk Belajar OpenGL menggunakan bahasa C dan C++ adalah Visual C++,
Borland C++, Turbo C++, Visual Studio, Dev C++, codeblocks dan lain lain, untuk menulis dan menjalankan program OpenGL
dengan bahasa pemrograman C dan C++, apapun Compiler yang teman teman gunakan
tidak masalah karna bahasa pemrograman menguk\nakan bahasa yang sama jadi tidak ada perbedaan dalam
perkodingan, walaupun ada mungkin hanya sangat sedikit sekali, yang penting compiler harus di pasangkan dengan glut.
Note : Setelah Compiler di
download jangan lupa mengatur dan memasang Glut Libraries agar bisa di gunakan
untuk OpenGl.
Saya sendiri menggunakan dan mencoba berbagai macam jenis compiler untuk belajar OpenGL ini, dan perbedaan yang saya rasakan hanya di bagian pemasangan glut dan pemilihan file glut yang sesuai, compiler yang saya gunakan di antaranya adalah microsoft visual studio, codeblocks, dan juga terkadang saya menggunakan software bernama Dev C++,
Untuk microsoft visual studio mungkin teman gunakan sekarang ini di perkuliahan jadi pemasangan glut nya saya yakin teman sudah pelajari.
Jika laptop atau PC yang teman gunakan ternyata tidak bisa suport dan instal microsoft visual studio, solusi dari saya adalah teman gunakan compiler CodeBlocks yang mana tidak akan mempengaruhi perkodingan OpenGL yang teman pelajari karna pada dasarnya sama saja, yang membedakan hanyalah penginstalan glutnya
Jika teman ingin mencoba menggukanan CodeBlocks bisa teman baca di blog ini tinggal cari saja di menu OpenGL pada Bagian Dasar OpenGL untuk instalasi dan pemasangan glut nya, atau teman kunjungi saja channel youtube saya yang bernama "Siuda Tutorial"
Untuk microsoft visual studio mungkin teman gunakan sekarang ini di perkuliahan jadi pemasangan glut nya saya yakin teman sudah pelajari.
Jika laptop atau PC yang teman gunakan ternyata tidak bisa suport dan instal microsoft visual studio, solusi dari saya adalah teman gunakan compiler CodeBlocks yang mana tidak akan mempengaruhi perkodingan OpenGL yang teman pelajari karna pada dasarnya sama saja, yang membedakan hanyalah penginstalan glutnya
Jika teman ingin mencoba menggukanan CodeBlocks bisa teman baca di blog ini tinggal cari saja di menu OpenGL pada Bagian Dasar OpenGL untuk instalasi dan pemasangan glut nya, atau teman kunjungi saja channel youtube saya yang bernama "Siuda Tutorial"
Jika ingin meminta bantuan jasa untuk membuat project OpenGL bisa di lihat di menu HUBUNGI ADMIN atau DM ke Instagram @mahara.kata
Jika ingin belajar dari awal disini sudah tersedia Daftar Isi Belajar OpenGL dari awal yaitu seperti di bawah ini dan tinggal tekan di bagian judul :
Pada saat ini saya sendiri lebih senang menulis dan menjalankan bahasa pemrograman OpenGL menggunakan Software CodeBlocks dikarenakan laptop saya sedikit bermasalah saat menjalankan Software Visual Studio atau Visual C++, namun pada dasarnya sama saja mulai dari proses penulisan sampai menjalankan program, semuanya sama, yang berbeda hanya koding lokasi glut yang biasanya juga kita sesuaikan dengan lokasi glut kita #include<glut.h> kalau di codeblocks yang menggunakan freeglut maka ditulis Include <gl/freeglut.h>
Bagi yang menggunakan windows versi 64 bit dapat dibaca di sini
Dalam membuat project opengl yang mana berupa gambar, maka tidak terlepas dari warna karna kita akan membuat gambar dengan opengl dan pastinya di beri warna, oleh sebab itu disini saya sudah menyediakan koding untuk warna yang di gunakan nantinya.
3. KUMPULAN GAMBAR BANGUN DATAR DI OPENGL
Untuk awal belajar disini saya menyediakan materi tentang membuat gambar bangun datar seperti persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, dan bangun datar lainnya, agar nantinya terbiasa dalam membuat project opengl yang lebih sulit, untuk contohnya dapat dilihat di bawah ini.
- membuat persegi di opengl
- membuat persegi panjang di opengl
- membuat segitiga di opengl
- membuat lingkaran di opengl
- membuat poligon di opengl
Jika membutuhkan project gambar untuk latihan ataupun contoh yang nantinya dapat di modifikasi dapat juga di baca dan dilihat project 2d dan 3d yang sudah tersedia.
Pada gambar 2 dimensi disini ada beberapa contoh project yang dapat diambil dan di pelajari agar dalam belajar opengl menjadi lebih mahir dan paham, yang mana contoh nya adalah sebagai berikut :
- membuat gambar kapal 2d di opengl
- membuat gambar rumah 2d di opengl
- membuat gambar mobil 2d di opengl
- membuat gambar robot 2d di opengl
dan juga banyak gambar lainnya yang bisa langsung di baca
Selain gambar 2 dimensi dalam opengl kita juga dapat membuat gambar 3d yang mana perbedaaannya terletak di titik kordinat yang biasanya dalam 2d hanya menggunakan titik kordinat x dan y, namu di dalam 3d menggunakan kordinat x,y,z contoh projectnya adalah sebagai berikut.
- membuat gambar rumah 3d di opengl
- membuat gambar gedung 3d di opengl
- membuat gambar balok 3d di opengl
- membuat gambar limas 3d di opengl
- Membuat gambar kursi 3d di opengl
- Membuat gambar meja 3d di opengl
BACA JUGA : KUMBULAN GAMBAR BANGUN RUANG DI OPENGL
Dalam membuat gambar 3d tidak terlepas dari fungsi mouse dan keyboard karna gambar 3d memiliki sisi samping, atas, dan belakang oleh karna itu juga harus mengetahui fungsi mouse dan keyboard
6. MENAMBAHKAN FUNGSI MOUSE DI OPENGL
Fungsi mouse merupakan fungsi yang gunanya agar kita dapat memutar gambar 3d yang kita buat menggunakan mouse untuk melihat sisi samping atau belakang dan juga melihat sisi atas dan bawah
7. MENAMBAHKAN FUNGSI KEYBOARD DI OPENGL
Fungsi keyboard memiliki tujuan yang sama dengan fungsi mouse hanya saja fungsi ini di gerakkan oleh keyboard yang maka ketika kita tekan salah satu tombol di keyboard yang kita beri fungsi maka akan bergerak atau berputar sesuai keinginan dan rata rata gambar 3d di opengl ditambahkan fungsi mouse atau keyboard untuk melihat sisi lainnya
Dalam belajar opengl kita juga dapat membuat gambar bergerak, agar gambar yang kita buat menjadi seperti sebuah animasi
Untuk membuat gambar bergerak diperlukan rumus dan koding khusus yang mana nantinya kita dapat membuat semua gambar project bergerak atau sebagian saja yang kita inginkan. disini ada beberapa contoh gambar bergerak yang dapat kamu pelajari contohnya
- membuat gambar mobil bergerak di opengl
- membuat gambar kapal bergerak di opengl
Untuk contoh paling dasar pembuatan project OpenGl, di bawah ini saya sudah menyediakan satu contoh yaitu cara membuat garis menggunakan OpenGl, jika koding di bawah berhasil teman - teman gunakan, maka untuk project lainnya yang tersedia di blog ini dapat di gunakan semua dengan lancar.
Membuat Garis dengan OpenGL
Dalam Membuat Garis dengan OpenGL
pertama kita harus menentukan titik kordinat untuk garis yang di buat contoh
bisa dilihat di bawah ini
Kita akan membuat Garis dari
Titik A ke titik B
Titik A memiliki kordinat (x,y) =
(0.2 dan 0.5)
Titik B memiliki kordinat (x,y)=
(0.7 dan 0.5)
Maka Koding membuat garis dengan
OpenGl adalah sebagai berikut :
#include<windows.h>
#include<GL\glut.h>//Sesuaikan dengan lokasi glut.h teman teman
void display (void)
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin(GL_LINES);
glColor3f(0,0,1);
glVertex2f(0.2,0.5); //titik
kordinat A 0.2 dan 0.5
glVertex2f(0.7,0.5);// titik
kordinat B 0.7 dan 0.5
glEnd();
glFlush();
}
int main(int argc, char** argv)
{
glutInit(&argc,argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(600,600);
glutCreateWindow(“Garis”);
glutDisplayFunc(display);
glutMainLoop();
return 0;
}
Jika kesulitan dalam pembelajaran OpenGL, saya menyediakan jasa bantuan pengerjaan untuk melancarkan tugas yang teman miliki, misal membuat Gambar 2D atau 3D dan juga gambar Bergerak
Hubungi saja saya di Instagram @mahara.kata atau lihat di menu Hubungi admin
Hubungi saja saya di Instagram @mahara.kata atau lihat di menu Hubungi admin
Jika teman teman menggunakan Software selain Visual Studio ataupun selain Codeblocks misalnya saja Softwaren Dev-C++ maka langkah2 agar program bisa berjalan juga dapat di baca di sini tentunya.
Baiklah mungkin
sampai disini saja tulisan kali ini tentang Belajar OpenGL, semoga apa yang
saya tulis disini dapat bermanfaat meskipun banyak kekurangan dan mungkin ada
beberapa kesalahan, jika terjadi error teman teman bisa tanyakan kepada saya
dengan DM ke instagram.
Komentar