BELAJAR OPENGL - Merupakan materi yang di pelajari biasanya dalam mata kuliah atau materi komputer grafik atau grafika komputer, opengl yang di pelajari adalah membuat sketsa atau gambar menggunakan titik kordinat yang di koding menggunakan bahasa pemrograman C dan C++
Untuk mengkoding program digunakan kompiler atau software yang biasa digunakan untuk bahasa C dan C++ contohnya Visual C++, Dev C++, dan juga Codeblocks, atau juga compiler lainnya yang sejenis, syaratnya adalah memasang glut sebagai library agar Opengl dapat di jalankan.
Compiler yang biasa saya gunakan adalah codeblocks karna menurut saya lebih simpel dan juga ringan, untuk di ketahui bahwa compiler apapun yang digunakan tidak ada bedanya di dalam pengkodinggan kecuali di lokasi glut nya saja.
Jika ingin menggunakan Codeblocks untuk Opengl dapat dibaca di sini Instal dan pemasangan glut di codeblocks untuk opengl
KUMPULAN GAMBAR BANGUN RUANG DI OPENGL
Pada tulisan sebelumnya tentang gambar 3d, kali ini saya sudah menyediakan tulisan tentang beberapa contoh gambar bangun ruang menggunakan opengl, yang dapat di ambil sebagai sampel untuk bahan pembelajaran dan dapat di modifikasi, contoh contoh gambar bangun ruang opengl di antaranya adalah balok, kubus, limas, tabung dan lain sejenisnya. dibawah ini adalah beberapa gambar bangun ruang di opengl.
1. MEMBUAT GAMBAR KUBUS DI OPENGL
Kubus merupakan bangun ruang yang di batasi enam sisi berbentuk persegi, dan nantinya dalam pembuatannya di opengl sangat mudah karna titik kordinatnya sudah pasti sama, yang membedakan cuma di bagian sisi negatif dan positifnya saja.
2. MEMBUAT GAMBAR BALOK DI OPENGL
Balok merupakan bangun ruang yang hampil sama dengan kupus tapi memiliki panjang dan lebar yang berbeda, dalam pembuatannya di opengl hampil sama dengan kubus dan terbilang mudah untuk di buat dan nantinya dapat di kembangkan untuk membuat gambar rumah, gedung, dan bahkan sebuah mal.
3. MEMBUAT GAMBAR TABUNG DI OPENGL
Membuat gambar tabung terbilang cukup lebih sulit dibanding balok ataupun kubus, karna menggunakan lingkaran dan volume, dan sudah pasti di dalamnya terdapat rumus rumus untuk membuat sebuah tabung di opengl.
4. MEMBUAT GAMBAR PRISMA DI OPENGL
Membuat gambar prisma di opengl kita harus benar benar paham lokasi titik kordinat, dan harus membuat sketsa terlebih dahulu, karna jika tidak, takutnya miring dan tidak berbentuk.
5. MEMBUAT GAMBAR LIMAS DI OPENGL
Membuat gambar limas hampir sama dengan prisma, dan yang membedakan adalah setengah bagiannya saja, dan nantinya limas dapat digunakan untuk membuat atap sebuah rumah ataupun bagian bagian gambar yang memiliki bentuk seperti limas tersebut
6. MEMBUAT GAMBAR BOLA DI OPENGL
Gambar bola di opengl tentunya membutuhkan rumus dan pengukuran yang tepat, karna bola tidak memiliki sudut dan bermain di jari jari dan juga di lokasi titik kordinat agar ukuran dan lokasinya tepat dan pas, gambar bola biasanya di kembangkan untuk membuat planet planet dan nantinya dapat di gerakkan.
Itulah beberapa contoh bagun ruang yang dapat di buat di opengl, jika mengalami masalah dan membutuhkan bantuan, silahkan langsung menuju menu HUBUNGI ADMIN
Komentar