Langsung ke konten utama

Cara Membuat Gambar Segitiga dengan OpenGL




Belajar OpenGLHallo teman teman, terimakasih sudah berkunjung di blog cara-informatika.blogspot.com, tulisan kali ini masih seputar materi OpenGL, biasanya OpenGL dipelajari dalam mata kuliah Komputer Grafik yang mana kita dapat membuat Gambar 2D dan 3D menggunakan Koding Program di OpenGL, Kali ini kita akan Belajar Membuat Gambar Segitiga dengan OpenGL.



Dalam Membuat Gambar Segitiga OpenGL disini saya menggunakan Bahasa Pemrograman C++ dain untuk software yang digunakan untuk menjalankan program, teman teman dapat menggunakan software Microsoft visual Studio, CodeBlocks, Dev ++ dan lain sebagainya karna pada dasarnya sama saja dan tidak akan mempengaruhi project yang akan teman teman buat, yang penting glutnya harus sudah terpasang agar OpenGL dapat di jalankan dengan baik, jika teman teman mau belajar menginstal software dan glut untuk menjalankan OpenGL, di blog ini sudah tersedia dan bisa teman baca dan pelajari.

Jika ingin membuat opengl menggunakan Codeblocks dapat dibaca di tulisan
OpenGl menggunakan Codeblocks dan pemasangan Glut

bagi yang malas membaca dan lebih paham pembelajaran berupa video, coba teman kunjungi channel youtube bernama "Siuda Tutorial" dan langsung saja menuju playlist OpenGL nya.

Baiklah, tanpa berpanjang kata langsung saja kita akan Membuat Segitiga di OpenGL menggunakan Bahasa Pemrograman C++, pertama kita harus gambar terlebih dahulu titik kordinatnya seperti dibawah ini :



Disini ada 3 titik yaitu
Titik A dengan kordinat (x,y) =  0.6 dan 0.7
Titik B dengan kordinat (x,y) =  0.3 dan 0.3
Titik C dengan kordinat (x,y) =  0.9 dan 0.3

untuk koding program sendiri adalah sebagai berikut ini :
Untuk Pengenalan Segitiga itu menggunakan glBegin(GL_TRIANGLES)
Untuk Pewarnaan Segitiga digunakan glColor3f(0,0,1) yaitu biru koding warna OpenGL bisa dilihat juga di blog ini ya

#include<windows.h>
#include<GL\glut.h> // Sesuai dimana teman2 meletakkan glut.h
void display (void)
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin(GL_TRIANGLES);
glColor3f(0,0,1);    //warna untuk segitiganya
//Dibawah ini adalah pengkodingan 3 titik kordinat Segitiga yang dibuat, sesuaikan dengan
//besar dan letak Segitiga yang Kamu buat
glVertex2f(0.6,0.7); //titik kordinat A 0.6 dan 0.7
glVertex2f(0.3,0.3); // titik kordinat B 0.3 dan 0.3
glVertex2f(0.9,0.3); // titik kordinat C 0.9 dan 0.3
glEnd();
glFlush();
}
//dibawah ini adalah setingan Untuk Menampilkan Windows nya
int main(int argc, char** argv)
{
glutInit(&argc,argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(600,600);
glutCreateWindow("Garis");
glutDisplayFunc(display);
glutMainLoop();
return 0;
}

Baiklah mungkin segitu saja tulisan kali ini tentang Membuat Gambar Segitiga dengan OpenGL, semoga bermanfaat dan berguna bagi teman pembaca, untuk Gambar OpenGL lainnya bisa teman teman lihat di bawah atau bisa juga melihat daftar isi blog ini, meskipun blog ini banyak kekurangan tetapi saya akan berusaha lebih baik lagi, terimakasih telah membaca ya..


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBUAT GAMBAR RUMAH 3D DI OPENGL

GAMBAR 3D OPENGL - Gambar rumah 3D (tiga dimensi) merupakan salah satu contoh project 3d opengl menggunakan bahasa pemrograman C++  dan juga Glut OpenGl, biasanya dipelajari dalam komputer grafik atau grafika komputer , untuk memulai membuat project biasanya memerlukan software compiler yang berfungsi untuk build dan run bahasa C++, contohnya yaitu Microsoft visual C++, Dev C++. Codeblocks dan sejenisnya, disini juga dibutuhkan Glut sebagai library OpenGL itu sendiri. DOWNLOAD SOURCE CODE NB : Link download menggunakan shortlink jadi silahkan lewati iklannya terimakasih Compiler yang saya gunakan adalah codeblocks, untuk isi koding semuanya sama dan mungkin yang berbeda hanya di bagian lokasi dan cara pemasangan untuk glut nya saja. BACA JUGA  CARA INSTAL DAN PEMASANGAN GLUT DI CODEBLOCKS GAMBAR RUMAH 3D DI OPENGL Project rumah 3d ini merupakan contoh yang dapat diambil dan digunakan sebagai bahan pembelajaran, untuk kodingnya sudah tersedia di bawah ini dan juga beserta pemb...

Coding Warna OpenGL

BELAJAR OPENGL - Dalam Membuat project OpenGL yang mana tidak terlepas dengan yang namanya gambar , nah gambar ini pasti memiliki warna dan dalam OpenGL yang mana untuk membuat warna diperlukan Koding, dan disini saya akan membahas warna opengl, sebelumnya Terimakasih bagi teman-teman yang sudah mengunjungi blog cara informatika yang masih sederhana ini, pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang koding warna pada opengl atau bisa juga disebut sebagai pewarnaan pada opengl, koding pewarnaan pada OpenGL sebenarnya sangatlah lengkap dan kita sebenarnya dapat memberikan warna apapun yang kita mau, namun disini saya akan membagikan atau mengkategorikan kriteria warna agar dapat dengan mudah di pahami. Sebelum itu kita bahas sedikit tentang OpenGL, di dalam Belajar OpenGL kita dapat membuat Gambar 2D atau 3D menggunakan bahasa pembrograman C atau C++, biasanya opengl kita pelajari dalam perkuliahan contohnya jika kita mengambil jurusan Teknik Informatika atau jurusan komputer l...

KUMPULAN GAMBAR 2D (DUA DIMENSI) DI OPENGL

  BELAJAR OPENGL   - Opengl menggunakan bahasa pemrograman C atau C++ yang mana kita dapat membuat sketsa atau gambar dengan cara menghubungkan titik kordinat menggunakan koding, biasanya opengl dipelajari di dalam mata kuliah komputer grafik atau grafika komputer, dan yang di butuhkan dalam membuat project opengl adalah sebuah compiler seperti visual C++, Dev C++, Codeblocks dan sejenisnya, dan selanjutnya compiler tersebut haruslah terpasang library yang bernama glut. Compiler apapun yang digunakan sebernarnya sama saja asal masih menggunakan bahasa C atau C++ yang membedakan hanyalah cara pemasangan glut nya saja dan sedikit perubahan pada koding di bagian lokasi glut, disini saya biasa menggunakan Codeblocks dan Juga Dev C++ BACA DISINI   CARA INSTAL DAN PEMASANGAN GLUT DI CODEBLOCKS KUMPULAN GAMBAR 2D (DUA DIMENSI) DI OPENGL Ini adalah daftar kumpulan project gambar 2d yang saya buat menggunakan opengl, yang bisa langsung di ambil dan dipelajari serta di modifikasi, ...