Belajar OpenGL, Hallo teman teman, terimakasih sudah berkunjung di blog
cara-informatika.blogspot.com, tulisan kali ini masih seputar materi OpenGL,
biasanya OpenGL dipelajari dalam mata kuliah Komputer Grafik yang mana kita
dapat membuat Gambar 2D dan 3D menggunakan Koding Program di OpenGL, Kali ini
kita akan Belajar Membuat Gambar Segitiga dengan OpenGL.
Dalam Membuat Gambar
Segitiga OpenGL disini saya menggunakan Bahasa Pemrograman C++ dain untuk software yang digunakan untuk menjalankan program, teman teman dapat menggunakan software Microsoft visual Studio, CodeBlocks, Dev ++ dan lain sebagainya karna pada dasarnya sama saja dan tidak akan mempengaruhi project yang akan teman teman buat, yang penting glutnya harus sudah terpasang agar OpenGL dapat di jalankan dengan baik, jika teman teman mau belajar menginstal software dan glut untuk menjalankan OpenGL, di blog ini sudah tersedia dan bisa teman baca dan pelajari.
OpenGl menggunakan Codeblocks dan pemasangan Glut
bagi yang malas membaca dan lebih paham pembelajaran berupa video, coba teman kunjungi channel youtube bernama "Siuda Tutorial" dan langsung saja menuju playlist OpenGL nya.
bagi yang malas membaca dan lebih paham pembelajaran berupa video, coba teman kunjungi channel youtube bernama "Siuda Tutorial" dan langsung saja menuju playlist OpenGL nya.
Baiklah, tanpa berpanjang kata langsung saja kita akan
Membuat Segitiga di OpenGL menggunakan Bahasa Pemrograman C++, pertama kita
harus gambar terlebih dahulu titik kordinatnya seperti dibawah ini :
Disini ada 3 titik yaitu
Titik A dengan kordinat (x,y) = 0.6 dan 0.7
Titik B dengan kordinat (x,y) = 0.3 dan 0.3
Titik C dengan kordinat (x,y) = 0.9 dan 0.3
untuk koding program sendiri adalah sebagai berikut ini :
Untuk Pengenalan Segitiga itu menggunakan glBegin(GL_TRIANGLES)
Untuk Pewarnaan Segitiga digunakan glColor3f(0,0,1) yaitu
biru koding warna OpenGL bisa dilihat juga di blog ini ya
#include<windows.h>
#include<GL\glut.h> // Sesuai dimana teman2 meletakkan
glut.h
void display (void)
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin(GL_TRIANGLES);
glColor3f(0,0,1);
//warna untuk segitiganya
//Dibawah ini adalah pengkodingan 3 titik kordinat Segitiga
yang dibuat, sesuaikan dengan
//besar dan letak Segitiga yang Kamu buat
glVertex2f(0.6,0.7); //titik kordinat A 0.6 dan 0.7
glVertex2f(0.3,0.3); // titik kordinat B 0.3 dan 0.3
glVertex2f(0.9,0.3); // titik kordinat C 0.9 dan 0.3
glEnd();
glFlush();
}
//dibawah ini adalah setingan Untuk Menampilkan Windows nya
int main(int argc, char** argv)
{
glutInit(&argc,argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(600,600);
glutCreateWindow("Garis");
glutDisplayFunc(display);
glutMainLoop();
return 0;
}
Baiklah
mungkin segitu saja tulisan kali ini tentang Membuat Gambar Segitiga dengan
OpenGL, semoga bermanfaat dan berguna bagi teman pembaca, untuk Gambar OpenGL
lainnya bisa teman teman lihat di bawah atau bisa juga melihat daftar isi blog
ini, meskipun blog ini banyak kekurangan tetapi saya akan berusaha lebih baik
lagi, terimakasih telah membaca ya..
Komentar