BELAJAR OPENGL - Kalau di dalam Belajar OpenGL di perkuliahan, biasanya kebanyakan kita di tunjukkan untuk menjalankan OpenGL menggunakan Microsoft Visual C++, dan tidak ada masalah sama sekali, kebetulan saya menggunakan Software Codeblocks karena ada kendala, namun Codeblocks dalam menulis dan menjalankan OpenGL memiliki kelebihan tersendiri, jika seandainya teman tertarik dan ingin mencoba dan mempelajari Software Codeblocks, saya telah membuat pembahasannya di blog ini, dengan judul belajar OpenGL menggunakan Codeblocks yang dapat di cari di bagian menu OpenGL dan Dasar OpenGL.
Baiklah langsung saja, Untuk memulai membuat Gambar 3D dengan OpenGL pastikan Software Untuk menulis dan menjalankan OpenGL dan Juga Glutnya sudah tepasang dan bisa di jalankan dengan baik, terserah mau menggunakan software apa saja seperti visual c++, dev-c++, codeblocks dan lain sebagainya karna pada dasarnya sama saja.
Jika ingin menggunakan codeblocks dapat dibaca di bawah ini
Pada saat kita membuat gambar 2D, titik kordinat didapat dari perpotongan dari dua sumbu yaitu x dan y yang mana dapat di lihat di bawah ini.
dapat di lihat untuk membuat garis antara titik A ke titik B maka
Titik A = x,y yaitu -3,2
Titik B = x,y yaitu 3,2
catatan : angka pada titik korninat dapat berupa 0.3 atau 3 atau bisa juga 30 atau 300 dan juga seterusnya tergantung besarnya lembar kerja yang kita buat dan kita atur nantinya di dalam pengkodingan OpenGL
Sedangkan pada gambar 3D, titik kordinat yang digunakan adalah x, y dan z, dimana z adalah titik kordinat yang garisnya ditarik dari depan ke belakang atau sebaliknya untuk lebih jelasnya dapat di lihat di bawah ini :
biar tidak tambah bingung maka langsung saja kita akan buat Contoh Gambar 3D Menggunakan OpenGL
Komponen penting yang harus ada dalam membuat Gambar 3D di OpenGL adalah sebagai berikut :
Pemanggilan atau Pemasangan Include yang di butuhkan, contoh :
Include<glut.h> //atau Include<gl/glut.h> yang mana untuk pemanggilan Glut.
Include<windows.h>//yang mana untuk pemasangan dan pemanggilan sistem perintah windows.
Include<math.h> //yang mana berhubungan dengan fungsi rumus matematika.
Deklarasi fungsi Mouse agar gambar 3d dapat diputar putar menggunakan Mouse
float xrot =0;
float yrot = 0;
float xdiff = 0;
float ydiff = 0;
bool mouseDown = false;
- Deklarasi pengaturan lembaran kerja agar Gambar 3d yang kita buat saat diputar
atau di geser tidak kemana mana.
- Dan selanjutnya yaitu fungsi mouse
- Lalu barulah koding dimana Objek kita gambar, disini saya contohkan sebuah Balok
- AMBIL DISINI KODING PROGRAM BALOK 3D
- BACA JUGA KUMPULAN GAMBAR 3D OPENGL
- BACA JUGA MENAMBAHKAN FUNGSI MOUSE DI OPENGL
- BACA JUGA MENAMBAHKAN FUNGSI KEYBOARD DI OPENGL
Jika merasa membutuhkan bantuan ataupun jasa pembuatan Project OpenGL dapat langsung lihat di bagian Menu HUBUNGI ADMIN
Baiklah mungkin sekian dahulu tulisan kali ini, mungkin masih banyak kekurangan dan saya pun masih harus belajar lebih banyak agar menjadi lebih baik lagi, silahkan tinggalkan komentar dan saran untuk membatu saya dalam evaluasi tulisan tulisan di blog ini, Terimakasih
Komentar