Langsung ke konten utama

Cara Membuat Lingkaran di OpenGL

Belajar OpenGL, Halo teman-teman, terimakasih telah berkunjung ke blog sederhana saya Cara Informatika, pada tulisan kali ini masih pada materi belajar OpenGL, kita akan belajar bagaimana membuat sebuah lingkaran menggunakan OpenGL, seperti yang kita tau OpenGL biasanya di pelajari dalam mata kuliah Komputer Grafik ataupun Grafika Komputer, dalam OpenGL kita belajar bagaimana cara membuat Gambar 2D dan 3D menggunakan bahasa pemrograman C++ dan bisa juga menggunakan bahasa pemrograman C, yang mana kita menulis dan menjalankan bahasa pemrograman menggunakan software seperti Microsoft visual C++ yang sudah kita pasangkan Glut agar OpenGL dapat terbaca dan dapat di jalankan.

cara membuat lingkaran di opengl

Selain Microsoft Visual C++ ada banyak software yang dapat di gunakan dalam belajar OpenGL contohnya Dev-C++ dan Codeblocks yang penting adalah software itu memiliki fungsi yang sama yaitu dapat menulis dan menjalankan bahasa pemrograman C dan C++ dan juga dapat di pasangkan dengan Glut OpenGL, namun biasanya yang umum di gunakan dalam perkuliahan adalam Microsoft Visual C++ yang pada saat sekarang sudah lengkap berada di dalam Microsoft Visual Studio.


Terkadang dalam instal Microsoft Visual Studio ataupun Glut di Visual Studio ada kendala-kendala yang tidak kita harapkan, contohnya laptop atau komputer yang tidak mendukung, oleh karena itu kita dapat menggunakan alternatif contohnya software Codeblocks, yang mana pada dasarnya sama saja, jika teman-teman ingin mempelajari bagaimana menjalankan OpenGL di Codeblocks, dapat di baca di blog ini dengan klik Menu OpenGLDasar OpenGL pada bagian atas.

Jika butuh bantuan silahkan lihat menu HUBUNGI ADMIN
Untuk pembelajaran versi Video silahkan kunjungi YT "SIUDA TUTORIAL"

Membuat lingkaran dalam OpenGL sedikit berbeda dengan membuat kotak di OpenGL karena saat membuat lingkaran di OpenGL kita menggunakan rumus lingkaran dan juga looping, yang mana lingkaran terbentuk dari banyaknya titik yang saling terhubung, berbeda dengan kotak atau persegi yang hanya memiliki 4 titik, langsung saja langkah langkahnya adalah sebagai berikut :

pertama buatlah titik kordinat dan gambar lingkaran sebagai acuan seperti di bawah ini
membuat lingkaran opengl

pada gambar di atas dapat di ketahui :

- titik tengah x = 0 dan titik tengah y = 0
- radiusnya adalah 0.5 yang akan kita tulis nanti yaitu 50

yang harus di perhatikan dalam pembuatan lingkaran adalah :
- menambahkan include math (yaitu untuk rumus matematika) karna nanti kita akan              menggunakan sin,cos,tan
- mendeklarasikan variabel 
  const double PI = 3.142857143; (Pi untuk rumus lingkaran)
  int i,radius,jumlah_titik,x_tengah,y_tengah; 

Coding OpenGL nya menjadi seperti ini

#include<gl\freeglut.h>//Sesuaikan dengan lokasi glut.h teman teman 
//catatan : jika menggunakan visual studio bisasanya #include<gl/glut.h>
#include<windows.h>
#include<math.h>//agar terpasang rumus matematika

//deklarasi pembuatan lingkaran 
const double PI = 3.142857143;
int i,radius,jumlah_titik,x_tengah,y_tengah;

void display (void)
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glColor3f(1,1,0);//untuk warna lingkaran
glBegin(GL_POLYGON);
       radius = 50;
       jumlah_titik = 60;
       x_tengah = 0;
       y_tengah = 0;

       for (i=0;i<=360;i++)
       {
              float sudut=i*(2*PI/jumlah_titik);
              float x=x_tengah+radius*cos (sudut);
              float y=y_tengah+radius*sin (sudut);
              glVertex2f(x/100,y/100);
       }
glEnd();
glFlush();

}

int main(int argc, char** argv)
{
glutInit(&argc,argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(600,600);
glutCreateWindow("Lingkaran");
glutDisplayFunc(display);
glutMainLoop();
return 0;
}

Baiklah mungkin kira kita seperti itu cara dasar membuat lingkaran, dan silahkan teman teman coba dan kreasikan sendiri oke.

Mungkin cukup sampai disini dahulu tutorial kali ini, lebih dan kurangnya saya mohon maaf dan saya ucapkan terimakash


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBUAT GAMBAR RUMAH 3D DI OPENGL

GAMBAR 3D OPENGL - Gambar rumah 3D (tiga dimensi) merupakan salah satu contoh project 3d opengl menggunakan bahasa pemrograman C++  dan juga Glut OpenGl, biasanya dipelajari dalam komputer grafik atau grafika komputer , untuk memulai membuat project biasanya memerlukan software compiler yang berfungsi untuk build dan run bahasa C++, contohnya yaitu Microsoft visual C++, Dev C++. Codeblocks dan sejenisnya, disini juga dibutuhkan Glut sebagai library OpenGL itu sendiri. DOWNLOAD SOURCE CODE NB : Link download menggunakan shortlink jadi silahkan lewati iklannya terimakasih Compiler yang saya gunakan adalah codeblocks, untuk isi koding semuanya sama dan mungkin yang berbeda hanya di bagian lokasi dan cara pemasangan untuk glut nya saja. BACA JUGA  CARA INSTAL DAN PEMASANGAN GLUT DI CODEBLOCKS GAMBAR RUMAH 3D DI OPENGL Project rumah 3d ini merupakan contoh yang dapat diambil dan digunakan sebagai bahan pembelajaran, untuk kodingnya sudah tersedia di bawah ini dan juga beserta pemb...

Gambar Kapal 2D OpenGL dengan Microsoft Visual C++

Halo teman, Kali ini saya menulis tentang Membuat sebuah Gambar kapal 2D di OpenGL,yang mana OpenGL adalah salah satu materi yang di pelajari jika kita mengambil kuliah dengan jurusan komputer, OpenGL biasanya di pelajari di dalam mata kuliah Komputer Grafik atau juga Grafika Komputer yang mana kita akan belajar bagaimana membuat gambar baik itu 2D atau 3D menggunakan bahasa pemrograman C atau C++. Untuk menjalankan bahasa pemrograman C atau C++ biasanya kita membutuhkan atau memerlukan software sebagai compiler, dalam artian kita membutuhkan sofware untuk menulis dan menjalankan bahasa pemrograman C atau C++, sebagai contoh kita dapat menggunakan Microsoft Visual C++ atau sekarang saat saya memperbarui tulisan ini langsung menggunakan Microsoft Visual Studio, dapat juga menggunakan software seperti Dev-C++ atau juga dapat menggunakan aplikasi Codeblocks yang pada dasarnya fungsinya sama. jika teman-teman tertarik mencoba software Dev-C++ ataupun Codeblocks, dapat di baca di b...

KUMPULAN GAMBAR 2D (DUA DIMENSI) DI OPENGL

  BELAJAR OPENGL   - Opengl menggunakan bahasa pemrograman C atau C++ yang mana kita dapat membuat sketsa atau gambar dengan cara menghubungkan titik kordinat menggunakan koding, biasanya opengl dipelajari di dalam mata kuliah komputer grafik atau grafika komputer, dan yang di butuhkan dalam membuat project opengl adalah sebuah compiler seperti visual C++, Dev C++, Codeblocks dan sejenisnya, dan selanjutnya compiler tersebut haruslah terpasang library yang bernama glut. Compiler apapun yang digunakan sebernarnya sama saja asal masih menggunakan bahasa C atau C++ yang membedakan hanyalah cara pemasangan glut nya saja dan sedikit perubahan pada koding di bagian lokasi glut, disini saya biasa menggunakan Codeblocks dan Juga Dev C++ BACA DISINI   CARA INSTAL DAN PEMASANGAN GLUT DI CODEBLOCKS KUMPULAN GAMBAR 2D (DUA DIMENSI) DI OPENGL Ini adalah daftar kumpulan project gambar 2d yang saya buat menggunakan opengl, yang bisa langsung di ambil dan dipelajari serta di modifikasi, ...