Belajar OpenGL, Halo teman-teman, terimakasih telah berkunjung ke blog sederhana saya Cara Informatika, pada tulisan kali ini masih pada materi belajar OpenGL, kita akan belajar bagaimana membuat sebuah lingkaran menggunakan OpenGL, seperti yang kita tau OpenGL biasanya di pelajari dalam mata kuliah Komputer Grafik ataupun Grafika Komputer, dalam OpenGL kita belajar bagaimana cara membuat Gambar 2D dan 3D menggunakan bahasa pemrograman C++ dan bisa juga menggunakan bahasa pemrograman C, yang mana kita menulis dan menjalankan bahasa pemrograman menggunakan software seperti Microsoft visual C++ yang sudah kita pasangkan Glut agar OpenGL dapat terbaca dan dapat di jalankan.
Selain Microsoft Visual C++ ada banyak software yang dapat di gunakan dalam belajar OpenGL contohnya Dev-C++ dan Codeblocks yang penting adalah software itu memiliki fungsi yang sama yaitu dapat menulis dan menjalankan bahasa pemrograman C dan C++ dan juga dapat di pasangkan dengan Glut OpenGL, namun biasanya yang umum di gunakan dalam perkuliahan adalam Microsoft Visual C++ yang pada saat sekarang sudah lengkap berada di dalam Microsoft Visual Studio.
Terkadang dalam instal Microsoft Visual Studio ataupun Glut di Visual Studio ada kendala-kendala yang tidak kita harapkan, contohnya laptop atau komputer yang tidak mendukung, oleh karena itu kita dapat menggunakan alternatif contohnya software Codeblocks, yang mana pada dasarnya sama saja, jika teman-teman ingin mempelajari bagaimana menjalankan OpenGL di Codeblocks, dapat di baca di blog ini dengan klik Menu OpenGL – Dasar OpenGL pada bagian atas.
Jika butuh bantuan silahkan lihat menu HUBUNGI ADMIN
Untuk pembelajaran versi Video silahkan kunjungi YT "SIUDA TUTORIAL"
Membuat lingkaran dalam OpenGL sedikit berbeda dengan membuat kotak di OpenGL karena saat membuat lingkaran di OpenGL kita menggunakan rumus lingkaran dan juga looping, yang mana lingkaran terbentuk dari banyaknya titik yang saling terhubung, berbeda dengan kotak atau persegi yang hanya memiliki 4 titik, langsung saja langkah langkahnya adalah sebagai berikut :
pertama buatlah titik kordinat dan gambar lingkaran sebagai acuan seperti di bawah ini
pada gambar di atas dapat di ketahui :
- titik tengah x = 0 dan titik tengah y = 0
- radiusnya adalah 0.5 yang akan kita tulis nanti yaitu 50
yang harus di perhatikan dalam pembuatan lingkaran adalah :
- menambahkan include math (yaitu untuk rumus matematika) karna nanti kita akan menggunakan sin,cos,tan
- mendeklarasikan variabel
const double PI = 3.142857143; (Pi untuk rumus lingkaran)
int i,radius,jumlah_titik,x_tengah,y_tengah;
Coding OpenGL nya menjadi seperti ini
#include<gl\freeglut.h>//Sesuaikan dengan lokasi glut.h teman teman
//catatan : jika menggunakan visual studio bisasanya #include<gl/glut.h>
#include<windows.h>
#include<math.h>//agar terpasang rumus matematika
//deklarasi pembuatan lingkaran
const double PI = 3.142857143;
int i,radius,jumlah_titik,x_tengah,y_tengah;
void display (void)
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glColor3f(1,1,0);//untuk warna lingkaran
glBegin(GL_POLYGON);
radius = 50;
jumlah_titik = 60;
x_tengah = 0;
y_tengah = 0;
for (i=0;i<=360;i++)
{
float sudut=i*(2*PI/jumlah_titik);
float x=x_tengah+radius*cos (sudut);
float y=y_tengah+radius*sin (sudut);
glVertex2f(x/100,y/100);
}
glEnd();
glFlush();
}
int main(int argc, char** argv)
{
glutInit(&argc,argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(600,600);
glutCreateWindow("Lingkaran");
glutDisplayFunc(display);
glutMainLoop();
return 0;
}
Baiklah mungkin kira kita seperti itu cara dasar membuat lingkaran, dan silahkan teman teman coba dan kreasikan sendiri oke.
Mungkin cukup sampai disini dahulu tutorial kali ini, lebih dan kurangnya saya mohon maaf dan saya ucapkan terimakash
Komentar