BELAJAR OPENGL - Bangun datar merupakan bentuk 2d atau gambar dua dimensi yang memiliki ukuran panjang dan lebar yang terbentuk dari garis lurus ataupun lengkung, di dalam bangun datar terdapat beberapa bentuk diantaranya yaitu persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, trapesium dan sejenisnya yang jelas bangun datar hanya dapat dilihat dari satu arah atau disebut juga dua dimensi.
Opengl biasanya di pelajari dalam materi Komputer Grafik atau Grafika Komputer yang di program menggunakan bahasa C atau C++ dan dapat menggunakan berbagai Compiler contohnya visual C++, Dev C++, Visual Studio, Codeblocks dan lain sebagainya, yang jelas sebelum dapat langsung di jalankan haruslah terpasang glut sebagai library di dalamnya.
Untuk struktur koding, apapun compiler yang digunakan sama saja dan mungkin perbedaan hanya terletak di lokasi glut nya, jadi disesuaikan saja nantinya dengan Compiler yang kalian gunakan, disini saya sendiri menggunakan Codeblocks sebagai Compiler.
CARA INSTAL DAN PEMASANGAN GLUT DI CODEBLOCKS
Dalam belajar Opengl yang mana dapat dikatakan bahwa kita akan membuat sebuah gambar atau sketsa menggunakan koding dengan cara menghubungkan titik kordinat, maka membuat gambar bangun datar merupakan gambar dasar yang dapat dipelajari dan dibuat agar nantinya kita menjadi lebih paham dan juga dapat membuat project atau gambar yang lebih bervariasi dan menarik dari gabungan beberapa bangun datar.
KUMPULAN GAMBAR BANGUN DATAR DI OPENGL
Beberapa contoh bangun datar yang akan dicontohkan di sini dilengkapi dengan koding dan gambar titik kordinat jadi tinggal diambil saja sample nya dan langsung dicoba dan di modifikasi, bagi teman teman yang memiliki masalah dalam pembuatan project yang detail, saya menyediakan jasa pembuatan project 2d dan 3d dan dapat langsung hubungi di menu HUBUNGI ADMIN atau Dm di Instagram @mahara.kata
1. MEMBUAT PERSEGI DI OPENGL
Dalam membuat persegi di opengl dibutuhkan 4 titik kordinat, bisa kita sebut saja titik A ,B,C,D dan untuk koding membuat persegi ada beberapa variasi penulisan salah satunya dengan pendobelan karna ukuran sisinya sama panjang, atau karna nantinya juga kita pada akhirnya membuat project gambar dengan banyak bentuk dan sudut, maka biasanya menggunakan glBegin(GL_POLYGON); tapi dalam materi pembelajaran di perkuliahan atau sekolah pastikan untuk menerapkan yang namanya materi dasar jadi gunakanlah GL_QUADS, dan contohnya dapat di ambil di sini.
2. MEMBUAT PERSEGI PANJANG DI OPENGL
Membuat persegi panjang hampir sama dengan persegi dapat menggunakan GL_QUADS ataupun GL_POLYGON atau juga bisa membuat dengan garis GL_LINES, yang membedakan adalah kalau persegi semuanya sama panjang sedangkan persegi panjang memiliki panjang dan lebar yang berbeda, untuk koding nya dapat diambil di bawah ini, atau untuk membaca lebih detail bisa di tekan di bagian judul.
3. MEMBUAT SEGITIGA DI OPENGL
Membuat segitiga di opengl menggunakan GL_TRIANGLES sesuai dengan materi dasar, walaupun nantinya jika membuat project besar biasanya saya sendiri membuat semua bentuk yang memiliki sudut dengan jenis poligon, untuk contoh segitiga dapat di lihat di blog ini tinggal tekan judul membuat segitiga di atas ini, atau jika mau kodingnya saja dapat langsung di ambil di bawah sini.
4. MEMBUAT LINGKARAN DI OPENGL
Membuat Lingkaran di opengl berbeda dengan membuat bangun datar lainnya karna lingkaran tidak punya sudut yang sama seperti segitiga, balok ataupun poligon, jadi untuk membuat lingkaran harus di pelajari dengan lebih teliti karna tidak semudah membuat balok atau poligon, silahkan dibaca langsung di bagian membuat lingkaran
5. MEMBUAT POLYGON DI OPENGL
Gambar Polygon di opengl sangat banyak di gunakan karna dapat dikembangkan menjadi gambar lainnya, karna polygon ini tidak dibatasi jumlah titik dan sudutnya , tidak seperti jika menggunakan GL_QUADS yang hanya terbatas 4 titik, GL poligon dapat menggunakan banyak titik atau sudut, dan dihubungkan menjadi gambar.
Untuk sebagai informasi, karna opengl tidak terlepas dari membuat gambar dan sketsa, maka pastinya tidak terlepas dari warna, nah koding warna di opengl dapat di baca di sini
Mungkin sekian dulu tulisan kali ini, lebih dan kurang saya mohon maaf, jika butuh bantuan dalam pembuatan project dapat langsung ke menu HUBUNGI ADMIN dan untuk melihat kumpulan project gambar 2d atau 3 dimensi dapat dibaca langsung di bawah sini.
Komentar